Menu

Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017


Sesuai dengan rekomendasi dalam laporan Peta Hazard Gempa Indonesia 2010, maka pada tahun 2017 ini dilakukan pemutakhiran mengikuti perkembangan terkini ilmu dan teknologi kegempaan.
Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia 2017 ditingkatkan dengan mempertimbangkan antara lain : 
1. Peningkatan Kualitas meliputi updating, penambahan, penemuan, dan identifikasi sumber gempa yang baru baik dari aspek geologi, aspek geodesi, aspek seismologi dan instrumentasi, aspek ground mottion prediction equation, maupun asepk sesimic hazard analysis.
2. Adanya informasi baru terkait identifikasi sesar-sesar aktif dengan jumlah yang cukup signifikan, baik secara aktif yang belum terkuantifikasi dengan baik saat penyusunan Peta Hazard Gempa Indonesia 2010 maupun sesar-sesar aktif baru yang terkuatifikasi dengan lebih baik berdasarkan penelitian lapangan serta studi sesar aktif denga metode trenching,carbon datting, relokasi episenter, analis renggang dengan data geodetik.
3. Ketersediaan data dasar topografi yang lebih banyak dengan resolusi yang lebih baik yaitu data topografi SRTM-30, IFSAR, dan LIDAR.
4. Penggunaan Katalog gempa yang lebih lengkap dan lebih akurat dengan meng-upload katalog gempa sampai tahun 2016 yang direlokasi dengan model kecepatan 3D, dan pendetilan sumber gempa background.

Pada Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia 2017 ini juga dilengkapi dengan Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia tahun 2017 yang dapat dimanfaatkan sebagai data dasar dan informasi terkait kondisi gempa Indonesia.
Download filenya disini
Sumber : www.pu.go.id

No comments:

Post a Comment